BUSINESS PLAN
PINEAPPLE CANDY
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Bisnis
Dosen Pengampu : Pitaloka Dharma Ayu, S.E., M.B.A
Disusun Oleh :
1. Ngamaliyatul Chabai 63020160146
2. Khoirun Nissa Afina 63020180064
3. M. Tholkah Lilik S. 63020180132
4. Zakiyyatul Miskiyah 63020180154
5. Amin Miftakhus S. 63020180200
PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH (ES)
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
2019
DAFTAR ISI
A. Executive Summary 1
B. Visi, Misi, dan Tujuan 2
C. Peluang Pasar 2
D. Strategi Pasar 2
E. Strategi Bisnis 3
F. Organisasi dan Operasi 4
G. Manajemen 4
H. Kompetensi utama dan tantangan 5
I. Keuangan 5
A. Executive Summary
Seiring berkembangnya industry 4.0 serta bonus demografi di Indonesia mengakibatkan sektor financial dan sektor riil juga ikut berkembang pesat. Era millennial saat ini juga memaksa penduduknya untuk melakukan berbagai hal guna dapat mengikuti berkembangnya zaman. Ini dibuktikan dengan banyaknya kolaborasi menggunakan teknologi, keuangan dan sektor riil. Terciptanya bisnis baru yang mulai bermunculan seperti bidang entrepreneur, beautypreneur, ideapreneur, creativepreneur dan lain lain. Untuk menyikapi fenomena tersebut kita juga harus ikut berpartisiasi agar tidak tertinggal. Menjadi seorang wirausaha adalah salah satu solusinya, membuat suatu barang dengn menambah nilai gunanya.
Pineapple candy adalah salah satu produk yang belum banyak ditemui, dimana peluang pemasarannya nanti akan mudah didapatkan. Hal ini didukung dengan nilai guna pineapple candy yang bisa juga dimanfaakan untuk lebaran. Dengan peluang waktu hari raya idul fitri maka pineapple candy dapat diprediksiakan akan mendapat respon yang baik serta pemesanan yang meluap.
Pineapple candy merupakan permen yang disusun mengikuti bentuk nanas, permen dapat diisi sesuai selera, harganya pun terjangkau, dan terlihat mewah. Sehingga akan menimbulkan kesan tersediri bagi para konsumen maupun calon konsumen.
Cara membuat Pineappple Candy :
a. Bahan dan alatnya
1. 2 permen bungkus
2. 1 botol bekas
3. Kain flanel secukupnya
4. Gunting
5. 1 Tutup toples ukuran sedang
6. Kain biasa secukupnya
7. Penggaris
8. 2 lem tembak
9. Alat lem tembak
10. Staples beserta isinya secukupnya
b. Metode pembuatannya
1. Potong botol menjadi 2 dengan ukuran panjang dan pendek.
2. Lipat permen pada ujungnya kemudian ditekuk pada ujungnya baru di Staples.
3. Potong kain flanel dengan ukuran sesuai tutup botol.
4. Potong kain flanel berbentuk daun sebanyak 2 kali tahapan.
5. Tutup botol dikasih lem kemudian ditempel dengan sesuai ukuran kain yang sudah dipotong tadi.
6. Tempelkan potongan kain berbentuk daun tadi ditaruh disamping tutup botol dengan dikasih lem berturut-turut sampai selesai.
7. Tempelkan permen satu persatu dengan dikasih pada bagain badan botol sampai penuh didalam badan botol.
8. Lapisan kain biasa tadi pada bagian tutup toples dengan dikasih lem.
9. Kemudian atas tutup toples yang sudah terlapisis kain tadi atasnya dikasih lem dengan berbentuk lingkaran sesuai ukuran bawah bagian botol.
10. Kemudian yang terakhir tempelkan antar tutup toples dengan badan botol yang sudah terlapisi oleh permen tadi.
11. Selesai.
B. Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
Menjadikan Pineapple candy sebagai produk pilihan pertama sebagai jamuan lebaran serta buket wisuda.
Misi
1. Menjaga kualitas bahan serta pelayanan dalam produksi maupun pemasaran pineapple candy.
2. Meningkatkan inovasi jumlah jenis variasi pinapple candy.
3. Memperluas jangkauan distribusi pemasaran pineapple candy.
Tujuan
Meningkatkan perekonomian dan taraf kehidupan sosial.
C. Peluang Pasar
Berdasarkan analisan pasar yang ada sekarang produk pineapple candy belum ada. Jadi masih memungkinkan untuk menjadi trand pasar dan melakukan evaluasi produk. Selain itu juga didukung dengan analisa waktu yakni bulan ramdhan, lebaran dan bulan wisuda kampus IAIN Salatiga. Sehingga diperkirakan akan banyak peminatnya.
D. Strategi Pasar
Strategi pasar, kami berencana memasarkan dengan konsep dasar sebagai berikut:
1) 4P (Price, Product, Place, Promotion)
a) Price
Penetuan harga Pineapple candy berdasarkan marjin 50
b) Product
Bentuk Product pineapple candy dibuat seperti nanas.
c) Place
Distribusi produk pineapple candy dengan menjual secara online dan langsung.
d) Promotion
Kami melakukan promosi di media sosial dan promosi secara langsung.
2) STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
a) Segmenting pasar yaitu, membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula. Segmenting pasar perlu dilakukan mengingat berbedanya keinginan dan kebutuhan konsumen. Kami menetapkan Segmenting berdasarkan kebutuhan yaitu waktu lebaran, acara wisuda dan acara perayaan.
b) Targeting, setelah segmentasi pasar selesai dilakukan, terdapat beberapa segmen yang layak untuk digarap karena dianggap potensial yaitu, dengan merancang tawaran untuk segmen yang paling memberikan keuntungan dan potensial, yaitu golongan muda dan ibu-ibu. Dengan alasan karena mereka adalah pemain pasar yang membutuhkan barang tersebut sebagai hadiah wisuda, hadiah ulang tahun, dan makanan lebaran.
c) Positioning, Kami memposisikan produk ini sebagai “Buket Zaman Now”.
3) PLC (Product Life Cycle)
Menurut kriteria dalam PLC, produk Pineapple candy dengan bentuk nanas masih dalam tahapan perkenalan. Pada tahap perkenalan ini, dibutuhkan promosi untuk memperkenalkan produk agar masyarakat menerimanya.
E. Strategi Bisnis
a. Melakukan promosi baik melalui media social maupun secara langsuung.
b. Mengikuti berbagai acara bazar dan festifal.
c. Memperluas jaringan pasar dengan perbnayak jaringan pertemanan.
F. Organisasi dan Operasi
Struktur organisasi
G. Manajemen
Fungsi manajemen yang dilakukan yaitu
1) Planning
a. Jangka pendek :
- Selalu dapat menjaga kualitas produksi.
- Dapat mencapai kenuntungan maxsimal sesuai target yang diinginkan
b. Jangka panjang :
- Menambah varian bentuk baru yang lebih menarik yaitu menambah varian permen dan bentuk buah.
- Memperluas sektor pemasaran Pineapple Candy hingga mencakup luar kota.
- Mendirikan cabang produksi diberbagai daerah.
c. Tujuan : meningkatkan taraf ekonomi keluarga, mendapatkan laba yang besar, dan dapat bersaing dengan produk yang lain.
d. Perumusan strategi : melakukan berbagai promosi melalui media sosial dan secara langsung. Selalu menjaga kualitas barang produksi serta menambah varian produk.
2) Organizing
Penerapan sifat tanggung jawab dan kejujuran pada setiap pekerjaan. Disiplin tempat dan waktu.
3) Leading
Menjadi pemilik/pemimpin yang baik, humoris, dan humanis. Ikut terjun langsung dalam kegiatan produksi.
4) Controlling
Evaluasi tujuan dan target bisnis. Mengambil langkah dan koreksi. Melakukan solusi masalah dalam pencapain target bisnis. Pengawasan dalam pengeluaran dan pemasukan anggaran keuangan.
H. Kompetensi utama dan tantangan
Pineapple candy merupakan produk baru dalam pasar, sehingga pemasarannya masih butuh tahap pengenalan dan loyalitas konsumen. Sedangkan tantangan produk ini adalah setelah habis waktu lebaran diharapkan pineapple masih bisa eksis melakukan pemasaran yakni dengan melirik acara yang lain seperti wisuda. Hal ini dilakukan supaya produksi dapat terus berlangsung sebagaimana mestinya dan tidak stagnan yang kemudian usaha tidak dapat berjalan dikarenakan sedikitnya konsumen yang datang.
I. Keuangan
1) Biaya Produksi
Biaya Variable 2 pineapple candy:
Permen 1 11.000
Permen 2 11.200
Kain flannel 2.500
2 buah botol bekas bekas 500
Staples 1.000
Lem 2.000
2 buah tutup toples bekas 500 +
28.700
Biaya variable 1 pineapple candy : 14.350
2) Penentuan harga dan pendapatan :
Hpp = biaya produksi : jumlah produksi
= 28.700 : 2
= 14.350
Laba yang diinginkan :
= laba x hpp
= 40 % x 14.350
= 5.740 dibulatkan 5.700
Harga jual per bungkus :
= laba + hpp
= 5.700 + 14.350
= 20.050 atau dibulatkan menjadi 20.000
3) BEP
Biaya tetap :
Alat lem tembak 25.000
Staples 5.000
Gunting 5.000
Penggaris 2.000 +
37.000
BEP dalam unit = Biaya tetap .
Harga – Biaya Variable
= 37.000
20.000 – 14.350
= 37.000
5.650
= 6.5 unit
BEP dalam rupiah = Biaya tetap
1-Biaya variable
Harga
= 37.000
1-14.350
20.000
= 37.000
1-0.718
= 37.000 / 0.282
= 131.205 rupiah
Rabu, 15 Mei 2019
Bussines plan PINEAPPLE CANDY
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar