RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
A. Identitas Mata Kuliah
1. Program Studi : Ekonomi Syari’ah
2. Nama Mata Kuliah : Akhlak Tasawuf
3. Kode Mata Kuliah : INS232201
4. Semester/ Kelas : II/ B
5. SKS/ Bobot : 2 SKS
6. Dosen Pengampu : Ahmad Muzakkil Anam, M.Pd.I.
B. Unsur-unsur RPS
Capaian Pembelajaran Lulusan:
1. Mahasiswa mampu menguraikan ajaran-ajaran dalam tasawuf
2. Mahasiswa mampu mengaplikasikannya dalam keseharian.
No Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran Bahan Kajian (Materi) Metode Pembelajaran Deskripsi Tugas Kriteria – Indikator Daftar Referensi
1 Outline dan Kontrak Belajar
2 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang definisi, ruang lingkup, asal-usul dan dasar-dasar akhlak tasawuf Definisi, Ruang Lingkup, Asal-Usul dan Dasar-dasar Akhlak Tasawuf - Ceramah;
- Diskusi;
- Every one is Teacher Here - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi akhlak tasawuf;
- Menjelaskan ruang lingkup akhlak tasawuf;
- Menjelaskan asal usul serta dasar-dasar akhlak tasawuf yang ada dalam Al-Qur’an, Hadist dan Atsar. Silahkan rujuk daftar bacaan.
3 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang sejarah tasawuf: masa klasik, abad-abad pertengahan, modern dan kontemporer Sejarah Tasawuf: Masa Klasik, Abad-abad Pertengahan, Modern dan Kontemporer - Penunjukan narasumber utama;
Kelompok 1:
1. NGAMALIYATUL CHABAI
2. ZIDNY MUFIDAH
3. SITI NUR QOLIFAH
4. LISTIANA VALA WARDANI
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan sejarah tasawuf pada masa abad-abad pertengahan.
- Menjelaskan sejarah tasawuf pada masa modern.
- Menjelaskan sejarah tasawuf pada masa kontemporer. Silahkan rujuk daftar bacaan.
4 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang tokoh-tokoh tasawuf: masa klasik, abad-abad pertengahan, modern dan kontemporer. Tokoh-tokoh Tasawuf: Masa Klasik, Abad-abad Pertengahan, Modern dan Kontemporer.
- Penunjukan narasumber utama;
Kelompok 2:
1. SRI HARSABTUTI RADARANI
2. FRISKA ADITA NUR ARIFAH
3. ASMA' ZAKIYAH
4. LAILI FAIZAH
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan tokoh-tokoh tasawuf pada masa klasik.
- Menjelaskan tokoh-tokoh tasawuf pada masa abad pertengahan.
- Menjelaskan tokoh-tokoh tasawuf pada masa modern.
- Menjelaskan tokoh-tokoh tasawuf pada masa kontemporer. Silahkan rujuk daftar bacaan.
5 Mahahsiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang tasawuf akhlaki/ amali: definisi, teori dan tokoh. Tasawuf Akhlaki/ Amali: definisi, teori dan tokoh. - Penunjukan narasumber utama;
Kelompk 3:
1. SITI SHOHIFATUS SALAMAH
2. SANDA ERFA DWITA
3. INDAH SOFIANI
4. ATIKA ESTI AFIANTI
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi tasawuf akhlaki/amali.
- Menjelaskan teori tentang tasawuf akhlaki/amali.
- Menjelaskan tokoh-tokoh dalam tasawuf akhlaki/amali. Silahkan rujuk daftar bacaan.
6 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang tasawuf falsafi: definisi, teori dan tokoh. Tasawuf Falsafi: definisi, teori dan tokoh. - Penunjukan narasumber utama;
Kelompok 4:
1. UMI KHOLIFAH
2. TRI SABARUDIN
3. DWI AYU SAPUTRI
4. NAILI RIZKA RAHMASARI
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi tasawuf falsafi.
- Menjelaskan teori tentang tasawuf falsafi.
- Menjelaskan tokoh-tokoh dalam tasawuf falsafi. Silahkan rujuk daftar bacaan.
7 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang maqamat dalam tasawuf: taubat dan sabar. Maqamat dalam Tasawuf: Taubat dan Sabar. - Penunjukan narasumber utama;
Kelompok 5:
1. MUHAMAD ABDUL FAZA
2. EVY IHSANI
3. DEFFI SALSABILA INAEDI
4. TRI WAHYUNINGSIH
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi taubat dan sabar.
- Menjelaskan dalil Al-Qur’an dan Hadist tentang taubat dan sabar.
- Menjelaskan contoh sikap dan perilaku taubat dan sabar. Silahkan rujuk daftar bacaan.
8 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang maqamat dalam tasawuf: faqir dan zuhud. Maqamat dalam Tasawuf: Faqir dan Zuhud. - Penunjukan narasumber utama;
Kelompok 6:
1. MARIYA ROSYIDAH
2. AFIFAH NUR BASYRIYAH
3. ALFIRA NABILA
4. YASIN WAHYU NUGROHO
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi faqir dan zuhud.
- Menjelaskan dalil Al-Qur’an dan Hadist tentang faqir dan zuhud.
- Menjelaskan contoh sikap dan perilaku faqir dan zuhud. Silahkan rujuk daftar bacaan.
9 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang maqamat dalam tasawuf: tawakal dan mahabbah. Maqamat dalam Tasawuf: Tawakal dan Mahabbah. - Penunjukan narasumber utama;
Kelompk 7:
1. AMANDA MAURA ISTIGHFARA
2. FENNY WINDARTI
3. YUNITA INDRIYANI
4. ELYANA SAVITRI
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi tawakal dan mahabbah.
- Menjelaskan dalil Al-Qur’an dan Hadist tentang tawakal dan mahabbah.
- Menjelaskan contoh sikap dan perilaku tawakal dan mahabbah. Silahkan rujuk daftar bacaan.
10 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang maqamat dalam tasawuf: ma’rifat dan ridlo. Maqamat dalam Tasawuf: Ma’rifat dan Ridlo. - Penunjukan narasumber utama;
Kelompok 8:
1. MUHAMMAD ADI ADRIAN
2. LINDA KUSUMANING TYAS
3. JULI SUCIATI
4. FEBRI NUR HIDAYATI
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi ma’rifat dan ridlo.
- Menjelaskan dalil Al-Qur’an dan Hadist tentang ma’rifat dan ridlo.
- Menjelaskan contoh sikap dan perilaku ma’rifat dan ridlo. Silahkan rujuk daftar bacaan.
11 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang ahwal dalam tasawuf: khauf dan raja’. Ahwal dalam Tasawuf: Khauf dan Raja’. - Penunjukan narasumber utama;
Kelompok 9:
1. MELINDA ANISYA SARI
2. RIZKA PRAMITA
3. NUR ALIFIA RISQIANA
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi khauf dan raja’.
- Menjelaskan dalil Al-Qur’an dan Hadist tentang khauf dan raja’.
- Menjelaskan contoh sikap dan perilaku khauf dan raja’. Silahkan rujuk daftar bacaan.
12 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang ahwal dalam tasawuf: tawadlu’ dan taqwa. Ahwal dalam Tasawuf: Tawadlu’ dan Taqwa. - Penunjukan narasumber utama;
Kelompok 10:
1. PIPIT WULANDARI
2. ANIK FITRIANI
3. KHOIRUN NISSA AFINA
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi tawadlu’ dan taqwa.
- Menjelaskan dalil Al-Qur’an dan Hadist tentang tawadlu’ dan taqwa.
- Menjelaskan contoh sikap dan perilaku tawadlu’ dan taqwa. Silahkan rujuk daftar bacaan.
13 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang ahwal dalam tasawuf: ikhlas dan syukur. Ahwal dalam Tasawuf: Ikhlas dan Syukur. - Penunjukkan narasumber;
Kelompk 11:
1. RIKA RISMAWATI
2. ISNA FICOWATI
3. APRILIA ANISA WULAN SURYANI
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi ikhlas dan syukur.
- Menjelaskan dalil Al-Qur’an dan Hadist tentang ikhlas dan syukur.
- Menjelaskan contoh sikap dan perilaku ikhlas dan syukur. Silahkan rujuk daftar bacaan.
14 Mahasiswa menguasai dan mampu menjelaskan tentang Ittihad dalam Tasawuf dan peran akhlak tasawuf dalam pengembangan Ekonomi Islam. Ittihad dalam Tasawuf dan Peran Akhlak Tasawuf dalam Pengembangan Ekonomi Islam - Ceramah
- Diskusi;
- Every One is Teacher Here. - Tugas terstruktur;
- Belajar mandiri. - Menjelaskan definisi ittihad.
- Menjelaskan dalil Al-Qur’an dan Hadist tentang ittihad.
- Menjelaskan contoh sikap dan perilaku ittihad.
- Menjelaskan peran Akhlak Tasawuf dalam pengembangan ekonomi Islam. Silahkan rujuk daftar bacaan.
25 %
Daftar Bacaan:
Abd al-Qadir al-Jailani. Titian Mahabbah: Jalan SpiritualMenuju Sang Khalik, terj. Ahmad Fadhil. Jakarta: Sahara Publisher. 2003
Abuddin Nata. Akhlak Tasawuf. Cetakan ke-9. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2010
Annemarie Schimel. Mystical Dimensions in Islam. Chapel Hill: the University of North Carolina Press. 1975
Cecep Alba. Tasawuf dan Tarekat: Dimensi Esoteris Ajaran Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012
Hamka. Tasawuf: Perkembangan dan Pemurniannya. Jakarta: Pustaka Panjimas. 1984
Ibn Qayim al-Jauziyah. Madarijus Salikin, terj. Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. 2013
Jalaluddin Rumi. Fihi Ma Fihi, terj. Abu Ali dan Taufik Dimas. Cetakan ke-2. Jakarta: Zaman. 2016
Muhammad Alfan, Psikologi Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia. 2011
Muhammad Ibrahim Fayumi. Ibn ‘Arabi: Menyingkap Kode dan Menguak Simbol di Balik Paham Wahdat al-Wujud, terj. Imam Ghazali Masykur. Jakarta: Erlangga. 2007
Nasaruddin Umar. Tasawuf Modern. Jakarta: Republika Penerbit. 2014
Samsul Munir Amin. Ilmu Tasawuf. Cetakan ke-2. Jakarta: Amzah. 2014
Seyyed Hossein Nasr. Sadr al-Din Shirazi and his Transcendent Theosophy: Background, Life and Works. Tehran: Imperial Iranian Academy of Philosophy. 1978
Yunasril Ali. Manusia Citra Ilahi: Pengembangan Konsep Insan Kamil Ibn ‘Arabioleh al-Jili. Jakarta: Paramadina. 1997
Jumat, 15 Maret 2019
Daftar kelompok akhlak tasawuf semester 2
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar